Lagi Males? Gini nih Cara Biar Termotivasi Lagi

5-things-im-not-lazy-at

Males emang paling nyebelin kalau tiba – tiba dateng. Udah buat rencana pengen ini pengen itu, eh.. taunya ga jadi dilakuin gara – gara males.

Males yang ngebuat kita nunda – nunda pekerjaan, ga pengen gerak, pokoknya kita jadi ga bertindak.

Mungkin ada saatnya kita jadi males pengen tiduran karena emang abis ngerjain pekerjaan yang berat, tapi ada juga males karena kurang motivasi.

Nah, yang akan kita bahas disini adalah yang karena kurang motivasi. Kita akan bahas sama – sama gimana caranya biar termotivasi.

 

Jadi gimana caranya?

Fokus pada Sedikit Hal

todays-the-day-gadanke-journal1

Misal, kita mau buat rencana, trus ada 2 pilihan.

Pilihan pertama:

Belajar nyanyi, ngerjain PR matematika, olahraga pagi 30 menit.

Pilihan kedua:

Belajar nyanyi, ngerjain PR matematika, olahraga pagi 30 menit, buat artikel, beresin kamar, main sama temen, baca novel, latihan gitar, belajar kimia -_-

Whiters pilih yang mana? Kalau saya sih pasti pilih yang pertama.

Kenapa? Soalnya lebih keliatan ga ribet, lebih keliatan bisa dikerjain semuanya. Kita tuh akan lebih semangat kalau tau ada kesempatan untuk berhasil. Usaha’in fokus untuk 2 – 3 hal dulu.

Jadi fokus sama sedikit hal, nanti kita akan lebih termotivasi untuk ngerjainnya.

Istirahat & Lakukan Hal – Hal yang Membuatmu Enjoy

listening-to-music-653x0_q80_crop-smart

Lho? Lagi males kok malah istirahat, bukannya nanti malah tambah males?

Iya sih.. tapi istirahat kan juga bisa ngumpulin energi – energi kita..

Kadang kita emang harus berhenti sejenak untuk memulihkan pikiran, energi, & bahkan istirahat itu juga bisa ngebuat kita ngeliat sesuatu secara utuh, jadi lebih positif.

Untuk mengumpulkan energi, kita juga bisa lakuin hal – hal yang kita suka.

Misal, suka baca komik, yaa baca komik. Suka nonton film, yaa nonton film. Suka main gitar, yaa main gitar, dll.

Olahraga

top-6-ways-to-stay-fit-without-exercising-2

Ya, olahraga. Ga perlu olahraga yang ribet. Yang simple aja, kayak lari – lari kecil, naik turun tangga, jumping jack.

Intinya sih sebetulnya bergerak. Pokoknya gerak – gerakkin badan deh..

Buat Lingkungan Sekitar Senyaman Mungkin

Mungkin Whiters punya ruangan favorit/ ruangan khusus yang biasa ditempatin. Kalau saya sih ruangan favoritnya kamar tidur.

Kenapa saya pilih kamar tidur, itu karena hampir semua aktivitas saya dikerjain di kamar tidur :3 Pokoknya ruangan yang paling sering saya tempatin yaa kamar tidur.

Nah, itu artinya saya mesti ngebuat kamar tidur senyaman mungkin. Ga berantakan, bersih, teratur.

Kalau lingkungan kita nyaman, kita bisa makin termotivasi, jadi makin enak buat ngelakuin apa aja.

Analisis Bagaimana Kita Bicara pada Diri Sendiri

Bicara sendiri?? Lah? Nanti dikira gila dong..

Nggak gitu..

Kalian pasti pernah ngomong dalam hati & omongan itu terdengar lewat diri kita, terlintas di pikiran?

Nah, kadang ada aja pikiran ga baik yang terlintas. Pikiran yang ga baik tuh maksudnya pikiran – pikiran yang negatif. Yang bisa ngebuat kita jadi pesimis.

Misal, kita mau ujian sekolah, trus ngomong dalam hati “Yaah.. Kimia lagi. Susah nih pasti. Bakal dapet jelek deh nilainya”.

Setiap ada kalimat negatif kayak gitu, coba sadari, & ubah. Misal jadi kayak gini.. “Kimia emang susah, tapi kan kemaren udah belajar. Lakuin yang terbaik aja lah.. seenggaknya lebih baik dari yang kemaren”.

Whiters, kalau pikiran kita positif, kita akan lebih semangat untuk ngelakuin apa aja. Cobain deh!

 

Jadi, cara – cara yang bisa ngebuat kita termotivasi:

  1. Fokus pada sedikit hal.
  2. Istirahat & lakukan hal – hal yang membuatmu enjoy.
  3. Olahraga.
  4. Buat lingkungan sekitar senyaman mungkin.
  5. Analisis bagaimana kita bicara pada diri sendiri.

 

Itulah kira – kira cara yang bisa ngebuat kita jadi lebih termotivasi.

Jangan males – malesan lagi ya..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s