Please, Jangan Salah Jurusan!

dedydahlan

Buat anak – anak SMA/ SMK/ sederajat yang udah mau lulus pasti lagi galau banget tentang jurusan. Mm.. mungkin karena takut salah pilih. Tapi, yap, milih jurusan emang ga boleh sembarangan. Kita harus bener – bener yakin sama pilihan kita.

Kenapa sih milih jurusan ga boleh asal – asalan?

Ya iyalah.. ini menyangkut masa depan. Jadi emang mesti serius..

Emang sih.. faktanya ga semua orang di masa depan kerjaannya sesuai sama jurusannya. Tapi emang kalian mau belajar & ngedalemin hal yang kalian ga enjoy ngelakuinnya? Emang kalian mau terjebak selama 4 tahun di jurusan yang salah? Pasti ga enak banget kan??

Nah, disini NeutralWhite bakal ngomongin gimana caranya biar kalian ga salah jurusan.

Cari Tau Minat

hobbies

Yang pertama yang harus kalian lakuin, yaa kenal diri sendiri dulu. Kalau kalian ga tau kalian maunya apa, yaa ga bakal jelas untuk ke depannya. Kalian mesti bener – bener nanya ke diri sendiri tentang minat kalian.

Coba pikir apa hal yang ngebuat kalian ngelakuin itu tanpa disuruh/ tanpa paksaan dari orang lain.

Kalian bisa coba analisis mulai dari apa yang sering kalian browsing, apa yang sering kalian obrolin, topik pembicaraan yang kayak gimana yang ngebuat kalian semangat buat ngikutin & dengerin, dll.

Dan, buat kalian yang masih punya banyak waktu, coba deh eksplor banyak hal!

Lakuin hal – hal yang belum pernah kalian lakuin. Siapa tau sebenernya itu minat kalian. Jangan bilang ga bisa duluan, kan belum nyoba.. yaa kita jadi ga bakal tau sebenernya bisa apa enggak..

Bakat Bukan Segalanya, kok!

talent

Ada juga orang – orang yang milih jurusan berdasarkan bakat. Yap, itu bagus! Tapi kalau bakatnya itu juga termasuk minatnya. Kalau ga minat, mending tinggalin aja deh..

Misal,

“Meli dari kecil udah keliatan kalau dia punya bakat ngegambar. Orang tuanya sampe nge-les-in dia di tempat kursus gambar terbaik biar bakatnya makin keasah. Dia sering ikut lomba – lomba gambar & juara. Eeee.. pas udah gede ternyata Meli ngerasa kalau dia sebetulnya ga suka ngelakuin itu semua. Meli ngerasa kayak dipaksa sama keadaan. Dia emang bisa ngegambar, tapi dia ga suka ngegambar. Ternyata Meli lebih tertarik untuk main biola. Dia tau dia ga bisa main biola, tapi liat orang main biola aja rasanya dia suka banget. Akhirnya Meli beli biola, trus latihan melulu karena dia emang suka, & akhirnya jago, bahkan lebih jago dari skill gambarnya.”

The End..

Nah, dari contoh cerita di atas, kita bisa tau kalau bakat tuh bisa banget kalah sama minat. Minat lebih berpengaruh besar daripada bakat.

Jadi, orang yang berbakat tapi ga minat, bisa kalah sama orang yang ga berbakat tapi minatnya besar.

Beda lagi ceritanya kalau dia berbakat trus juga minat.. hasilnya bakal besar banget.

Tau Banget Tentang Jurusan yang Dipilih

openness-research300

Misal kalian udah ngira – ngira nih pengen jurusan apa. Nah, langkah berikutnya, kalian mesti tau seluk beluk tentang jurusan itu.

Harus mulai browsing2, nanya2 senior, dsb. Harus bener – bener tau apa aja yang bakal kalian alami kalau milih jurusan itu. Kalau perlu coba cari tau kurikulumnya di suatu perguruan tinggi. Seenggaknya jadi ada gambaran kan, bakal belajar apa aja..

Misal, yang mau ambil kedokteran, jangan cuma liat dari kerennya aja, jangan ikut – ikutan temen, jangan cuma mikirin uang dari kerjaan dokter setelah lulus.

Mulai dari lamanya waktu untuk betul – betul jadi dokter, susahnya belajar materi2nya, mesti berani ngeliat darah, dsb.. itu mesti dipikirin!

Kalau kalian emang bener – bener serius untuk ada di dunia medis & nerima sesulit apapun itu, berarti kalian ada di jalan yang benar. Itu bagus!

Jangan Milih Jurusan Cuma dari Nilai Pelajaran yang Bagus di Rapot/ Pelajaran yang Disukain

reportcard

Lho? Kenapa?! Bukannya bisa ya nentuin jurusan dari pelajaran yang kita sukain?

Bisa sih..

Tapi, bidang yang ada di luar sana tuh ga sekecil mapel2 yang ada di sekolah. Intinya, lebih luas! Balik lagi soal eksplor banyak hal. Mumpung masih muda, cobain hal – hal baru deh..

Jadi, boleh sih pelajaran yang disukain dijadi’in pertimbangan buat milih jurusan, tapi jangan dijadi’in satu2nya hal yang kalian liat buat milih jurusan.

Trus, masalah nilai..

Di masa – masa sekarang, nilai tuh udah ga bisa dipercaya lagi deh..

Karena cara – cara buat ngedapetinnya kadang buruk. Kalau diliat – liat, udah sering tuh anak – anak ujian nyontek, ngerjain tugas nyalin, atau bahkan ada juga yang minta dibuatin temennya -_-

Jadi, jangan terlalu ngeliat nilai untuk tau tentang minat kita sebenernya.

Jangan Milih Jurusan Karena Uang/ Prospek Kerja

indonesia-rupiah-revaluation

Misal, ada anak yang milih jurusan Sastra. Lalu datanglah orang yang kepo nanya2..

“Eh, kok milih sastra sih? Emang nanti kerjanya apaan? Emang gede ya duitnya?”

Iya sih uang emang penting. Uang emang ngebuat kehidupan kita keliatan lebih mudah.

Tapi, tujuan dari pendidikan itu bukan untuk cari uang. Kalau mau cari uang, yaa mending langsung kerja aja.

Tujuan pendidikan itu untuk mengembangkan kemampuan/ potensi kalian sesuai dengan apa yang bener – bener kalian pengenin.

Whiters, kalau kita bener – bener jago di bidang yang kita pilih, orang – orang pasti bakal nyari2 kita kok.. orang – orang bakal butuh kita. Otomatis, kita ga perlu lagi tuh cari – cari uang, tapi uang yang nantinya dateng ke kita. Jadi, terus improve skill ya!

“The function of education is to teach one to think intensively and to think critically. Intelligence plus character – that is the goal of true education.” [Martin Luther King, Jr.]

Jadi, cara – cara untuk milih jurusan & biar ga salah jurusan:

  1. Cari tau minat.
  2. Bakat tuh bukan segalanya. Kalau berbakat tapi ga minat, mending jauhin deh..
  3. Tau banget seluk beluk jurusan yang dipilih.
  4. Jangan milih jurusan cuma dari nilai pelajaran yang bagus di rapot/ pelajaran yang disukain.
  5. Jangan milih jurusan karena uang/ prospek kerja.

Whiters, pilih bidang yang bener – bener kalian sukain, yang kalian selalu penasaran tentang hal itu, & kalian bersedia ngelakuin itu selama hidup kalian.

“Develop a passion for learning. If you do, you will never cease to grow.” [Anthony J. D’Angelo]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s