Macam – Macam Software Pembuat Musik

Ga kayak dulu, di zaman sekarang kita bisa buat musik di PC, Laptop, atau Notebook. Kita juga bisa ngedit, mixing, dan mastering di software – software ini. Keren ga tuh?

Nih, contoh2 software pembuat musik..

Fruity Loops

FLStudio11Fruity Loops atau FL Studio adalah sebuah Digital Audio Workstation (DAW). Kalau kita pake FL Studio, kita bisa memproduksi musik, ngerekam audio, ngedit, mixing, mastering, bahkan sampe bisa buat musik berkualitas profesional. FL Studio mendukung WAV, MP3, Ogg, WavPack, AIFF, dan REX format audio. Kita juga bisa masukkin video ke dalam FL. Menurut saya, DAW ini cocok untuk pemula, karena mudah digunakan.

Presonus Studio One

Presonus-Studio-OneStudio One pertama kali dibuat pada tahun 2009. Keunggulan DAW ini, kita bisa mixing sekaligus mastering dalam satu software. Kita juga bisa langsung publikasi’in lagu kita ke internet, bisa burn jadi CD Audio langsung dari Studio One-nya. Track audio, MIDI, Virtual Instruments, Bus & FX channels-nya juga gak terbatas.

Cubase

CubaseCubase pertama kali dirilis pada tahun 1989. Kayak DAW pada umumnya, dengan Cubase kita bisa memproduksi musik, rekam, mixing, dan mastering. Cubase hanya diperuntukkan untuk audio, ga bisa untuk video.

Nuendo

nuendoNuendo adalah Digital Audio Workstation (DAW) dimana kita bisa memproduksi musik. Kalau kita pake Nuendo, kita bisa ngerekam atau input suara gitar, bass, keyboard, drum, atau instrument lainnya. Kita bisa install plugin – plugin khusus. Kita juga bisa masukin suara2 yang menyerupai instrument asli dari VST. Kayak DAW lainnya, Nuendo juga bisa buat mixing & mastering audio. Sama kayak FL Studio, di Nuendo juga bisa masukkin video.

Pro Tools

Pro ToolsPro Tools adalah Digital Audio Workstation yang lebih mengarahkan kepada fungsi perekaman. Jadi, kita perlu keyboard controller atau audio interface buat ngeguna’innya. Abis ngerekam, kita bisa lanjut ke proses mixing & mastering pada Pro Tools, sama kayak DAW lainnya.

Logic Pro X

logic-pro-xLogic Pro X adalah software Audio editing dan mixing keluaran Apple. Kalau kita pake Logic Pro, kita bisa ngerekam, ngedit, dan juga mixing. Logic Pro bisa nampung additional plugin sebesar kira – kira 40 Giga. Untuk bisa ngejalanin Logic Pro, perlu system yang lumayan tinggi: 4GB of RAM, display with 1280-by-768 resolution or higher, OS X v10.8.4 or later, 64-bit Audio Units plug-ins, minimum 5GB of disk space.

Begitulah, Whiters!

Kalau ada yg nanya mana software yg paling bagus, jawabannya adalah software yg bener2 kita paham cara ngeguna’innya.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s