[Music Theory] Interval

Interval..

Pada tau ga nih Interval itu apa?

Hmm..

Oke, jadi, Interval itu adalah jarak antar not.

Kalo kita ngerti interval, kita bisa jadi lebih gampang pelajarin chord, harmoni, nentuin nada dasar, ngukur ketinggian suara manusia, menyetem alat musik, dsb.

Ada 2 jenis interval: Major & Perfect.

Perfect Interval bisa kita temuin di:
1. Root not dengan root not (disebut Perfect Unison – U)
2. Root not dengan nada ke-4 (disebut Perfect Fourth – 4)
3. Root not dengan nada ke-5 (disebut Perfect Fifth – 5)
4. Root not dengan octave nya (disebut Perfect Octave – 8ve)

Major Interval bisa kita temuin di:
1. Root not dengan nada ke-2 (disebut Major Second – 2)
2. Root not dengan nada ke-3 (disebut Major Third – 3)
3. Root not dengan nada ke-6 (disebut Major Sixth – 6)
4. Root not dengan nada ke-7 (disebut Major Seventh – 7)

Sekarang, coba kita terapkan di salah satu scale. Misal, C Major Scale.

Scale C Major
C – D – E – F – G – A – B – C’
1 – 2 – 3 – 4 – 5 – 6 – 7 – 1

C –> C = Perfect Unison
C –> D = Major 2nd
C –> E = Major 3rd
C –> F = Perfect 4th
C –> G = Perfect 5th
C –> A = Major 6th
C –> B = Major 7th
C –> C’ = Perfect Octave

Trus, ada juga yg disebut Augmented, Diminished, & minor.

Disini, kita menggunakan not pertama sbg not terendah.

Major & Perfect Interval disebut Augmented kalau nada tertingginya 1 semitone lebih tinggi (naik 1 semitone).

Contoh:

  • C –> F = Perfect 4th, maka C –> F# = Augmented 4th.

 

Kalau nada tertinggi diturunin 1 semitone, Major interval jadi minor, tapi Perfect interval jadi Diminished.

Contoh:

  • C –> B = Major 7th, maka C –> Bb = minor 7th.
  • C –> G = Perfect 5th, maka C –> Gb = Diminished 5th.

    Ada juga yg nyebut interval kayak gini:
1. Prime: nada satu ke nada yang sama. Misal: dari do ke do.
2. Second: nada satu ke nada kedua. Misal: do ke re.
3. Terts: nada satu ke nada ketiga: Misal: do ke mi.
4. Quart/ Kuart: nada satu ke nada keempat. Misal: do ke fa, re ke sol, mi ke la, dsb.
5. Quint/ Kuint: nada satu ke nada kelima. Misal: do ke sol.
6. Sekst: nada satu ke nada keenam. Misal: do ke la.
7. Septim: nada satu ke nada ketujuh. Misal: do ke si.
8. Oktaf: adalah interval delapan nada, pengulangan nada yang sama tapi tingkatan yang lebih tinggi. Misal: do rendah ke nada do tinggi, re rendah ke re tinggi, dsb.

Mm.. gimana? 

Gampang gak?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s